Selasa, 21 Desember 2010


Zaman dahulu kala, di suatu tempat yang jauh, hiduplah seorang raja yang bodoh, ia memutuskan hanya dirinyalah yang boleh memiliki ilmu sihir. Raja memerintahkan komandan pasukannya untuk membentuk brigade pemburu penyihir, dan memberikan mereka sekelompok anjing jenis black hound yang galak. Pada waktu yang sama, raja mengumumkan ke desa-desa dan kota-kota di seluruh negeri: “Dicari oleh Raja: Pengajar ilmu sihir.”  
Tidak ada satupun penyihir yang secara suka rela mendaftar sayembara tersebut, semuanya bersembunyi dari kejaran brigade pemburu penyihir. Sampai akhirnya seorang penipu yang tidak memiliki kemampuan sihir melihat peluang untuk memperkaya diri sendiri, memperkenalkan diri sebagai penyihir sakti. Penipu tersebut melakukan atraksi kecil untuk meyakinkan raja akan kehebatannya, karena kagum raja menunjuknya sebagai kepala penyihir kerajaan, merangkap guru sihir sang raja.
Sang penipu meminta kepada raja sekantong besar emas, untuk membeli tongkat sihir dan peralatan sihir yang dibutuhkan. Ia juga meminta beberapa butir batu delima besar untuk jimat penyembuh, dan satu atau dua piala perak untuk menawar racun. Semua perangkat menggelikan tersebut disediakan oleh raja bodoh tersebut. Si penipu menyimpan harta karun ditempat aman di dalam rumahnya kemudian kembali ke istana.
Penipu tidak mengetahui gerak-geriknya diawasi oleh seorang wanita tua yang tinggal digubuk diujung halaman istana. Namanya Babbitty, pekerjaan sehari-hari mencuci seperai raja sehingga tetap lembut, segar, dan putih. Tanpa sengaja saat akan mengangkat seprai yang sudah kering, ia melihat penipu memetik dua buah ranting pada salah satu pohon dihalaman istana, kemudian masuk kedalam istana. Penipu memberikan salah satu ranting kepada raja dan meyakinkannya bahwa ranting tersebut adalah tongkat sihir sakti.
“Tongkat ini akan bekerja hanya jika memang ia merasa pantas.” Ujar sang penipu. Setiap pagi penipu dan raja yang bodoh berjalan-jalan dihalaman istana, mereka melambai-lambaikan tongkat sihir mereka dan meneriakan sesuatu yang dikatakan sebagai mantra. Sang penipu mencoba tipuan baru agar Raja percaya pada kekuatan kepala sihir kerajaan, dan usaha raja untuk mengusai tongkat sihir tersebut menghasilkan banyak emas bagi penipu tersebut.
Suatu pagi ketika raja dan penipu seperti biasanya memutar-mutar tongkat sihir mereka dan mencoba membaca mantra-mantra yang sesungguhnya tidak berguna, raja mendengar suara cukup keras. Babbitty si pembersih seperai istana mengawasi mereka melalui jendela di rumah kecilnya, dan tertawa terbahak-bahak hingga tidak mampu berdiri.
“Pasti terlihat tidak bermartabat hingga seorang tua pembersih seperai istana mentertawai Saya!” ujar sang raja. Ia berhenti memutar-mutar tongkat sihirnya dan berkata dengan sungguh-sungguh. “Saya sudah letih berlatih! Kapan saya bisa menggunakan mantra, hai penyihir kerajaan?”
Penipu mencoba tetap tenang, meyakinkan raja bahwa tidak lama lagi ia akan melakukan sihir, tetapi tawa Babbitty telah menusuk hatinya lebih dari pada yang diketahui sang penipu.
“Esok hari,” titah sang raja, “Kita akan mengundang para bangsawan untuk melihat Raja menggunakan sihir!”
Penipu melihat waktunya sudah tiba untuk mengambil barang-barangnya dan pergi menjauh.
“Ampun tuanku, itu tidak mungkin! Saya lupa memberitahu tuan, saya harus menempuh perjalanan jauh besok …”
“Jika kau meninggalkan istana ini tanpa ijin ku, hai penyihir, maka brigade pemburu penyihir milikku akan mengejarmu sampai dapat! Besok pagi kau akan mendampingi ku mempertunjukan sihir, jika ada yang mentertawaiku maka besok pagi kau akan kehilangan kepala!”
Dengan langkah lebar sang raja kembali ke istana, meninggalkan penipu dalam kesendirian dan penuh ketakutan. Otaknya berpikir mencari cara untuk menyelematkan diri, tapi bagaimana? Ia tidak mungkin melarikan diri, tidak mungkin pula menghasilkan sihir yang diinginkan sang raja.
Sambil mencari pelampiasan kemarahannya, penipu mendekati jendela Babbitty dan mengintip kedalam rumah. Disana ia melihat seorang wanita tua dengan perawakan kecil sedang duduk menghadap meja sambil membersihkan sebuah tongkat sihir. Tepat diujung ruangan seprei sang raja mencuci sendiri didalam ember kayu besar.
Penipu mengerti sekarang, Babbitty adalah seorang penyihir, dan ia menjadi kunci penyelesaian masalah yang sedang dihadapinya.
“Hai tua bangka!” teriak penipu, “Ucapan mu telah menyebabkan saya dalam masalah! Jika kau tidak mau menolong maka akan saya laporkan kepada raja bahwa kamu seorang penyihir dan anjing-anjing kerajaan dengan senang hati mencabik-cabik tubuhmu!”
Babbitty tersenyum kepada sang penipu, dan menjawab ia akan menolong dengan menggunakan kekuatan yang dimilikinya.
Penipu memerintahnya untuk bersembunyi dibalik semak-semak pada saat raja memperagakan sihir. Ia setuju dengan rencana tersebut kemudian menanyakan satu pertanyaan.
“Bagaimana seandainya raja menginginkan sesuatu yang mantranya tidak saya kuasai?”
Penyihir palsu memberi jawaban mengejek.
“Sihirmu sejajar dengan imajinsi si bodoh itu!”
Sang penyihir meyakinkan Babbitty kemudian kembali ke istana, sambil tersenyum bangga akan kepintarannya.
Esok paginya semua bangsawan dan istri-istri mereka telah hadir dilapangan istana. Raja naik keatas panggung dengan kepala sihir kerajaan berdiri disampingnya.
“Pertama-tama saya akan menghilangkan topi wanita ini.”
Teriak raja sambil menunjuk topi dengan ranting yang dikira tongkat sihir. Dari dalam semak-semak Babbitty mengarahkan tongkat sihirnya kepada topi tersebut dan membuatnya menghilang. Tepuk tangan riuh rendah dan kekaguman menyambut hilangnya topi tersebut.
“Selanjutnya saya akan membuat kuda yang ada disebelah sana terbang!”
Teriak sang raja sambil menunjuk kuda jantan miliknya. Dari dalam semak Babbitty mengarahkan tongkat sihirnya pada kuda dimaksud dan perlahan-lahan naik keudara.
Penonton semakin takjub dan tepuk tangan membahana dilapangan istana, mereka meneriakan kata-kata pujian untuk raja mereka.
“Dan sekarang …” Raja melihat sekeliling mencari ide, kapten Brigade Pemburu Penyihir menghambur ke hadapan sang raja.
“Tuan ku.” Ujar kapten, “Subuh tadi, Sabre mati keracunan! Mohon kesediaan paduka menghidupkannya kembali dengan tongkat sihir.”
Sang kapten mengangkat anjing yang telah mati dari jenis black hound kehadapan sang raja bodoh tersebut. Dengan penuh keyakinan ia mengarahkan tongkat sihirnya kepada anjing tersebut. Dari balik semak-semak Babbitty tersenyum, ia tidak mengarahkan tongkat sihirnya karena tidak ada sihir apapun yang dapat membangkitkan sesuatu yang telah mati.
Ketika anjing tersebut tidak bergerak, kerumunanpun mulai berbisik, kemudian mulai tertawa. Mereka menganggap pertunjukan tadi hanyalah tipuan belaka.
“Mengapa tidak bekerja?” Teriak sang raja kepada kepala sihir kerajaan (yang sesungguhnya adalah penyihir palsu), merasa telah diperdayai.
“Itu disana yang mulia!”
Penipu menunjuk kearah semak-semak dimana Babbitty bersembunyi.
“Saya melihat wanita itu yang melakukannya, ia menahan sihir anda dengan ilmu hitam yang dimilikinya! Tangkap dia, pengawal tangkap wanita itu!”
Babbitty keluar dari semak, dan Brigade Pemburu Penyihir mengejarnya, melepas anjing-anjing pemburu yang terlihat haus akan darah Babbitty. Walaupun sudah tua namun ia terlihat lincah, penyihir kecil itu dapat meloloskan diri. Ketika Raja, penyihir palsu, dan brigade sampai disuatu tempat dilihat anjing-anjing mereka menyalak dan berputar-putar mengitari sebuah pohon yang telah tua.
“Dia merubah dirinya menjadi pohon!” teriak penipu, ia khawatir Babbitty kembali kewujudnya semula kemudian mengadukan perihal siapa ia sebenarnya.
“Tebang pohon tersebut, Yang Mulia, hanya itu satu-satunya cara untuk menghancurkan penyihir jahat tersebut.” lanjutnya.
Kapak segera dibawa dan pohon tua tersebut ditebang, penipu, pasuka brigade pemburu penyihir, dan semua yang hadir disitu terlihat gembira. Tetapi pada saat mereka bersiap kembali ke istana, terdengar sebuah teriakan keras.
“Bodoh…!” suara Babbity dari arah bonggol pohon bekas tebangan tadi.
“Tidak ada seorang penyihirpun yang mati hanya dengan dibelah menjadi dua! Kalau tidak percaya ambil kapak itu lalu belahlah kepala sihir kerajaan menjadi dua!”
Kapten Brigade Pemburu Penyihir tertarik melakukan percobaan yang diinstruksikan oleh suara Babbitty, namun belum kapak diayunkan sang penipu sudah menjerit sekeras-kerasnya sambil berlutut. Ia memohon ampun dan mengaku tidak memiliki kemampuan sihir. Akhirnya ia diseret masuk ke penjara, bonggol pohon berteriak makin nyaring.
“Dengan memotong penyihir wanita menjadi dua bagian kalian telah menimbulkan kutukan pada kerajaan ini!” Babbitty melanjutkan kata-katanya kepada raja yang ketakutan.
“Setiap usaha menyakiti teman-temanku para penyihir, sama artinya mengayunkan kapak kearah mu sendiri sampai akhirnya kamu berharap lebih baik mati!”
Sang raja berlutut dihadapan bonggol pohon dan berkata ia akan memberikan pengumuman bahwa ia akan melindungi para penyihir dikerajaan ini dan memperbolehkan mereka mempraktekan sihir untuk tujuan damai.
“Bagus sekali,” jawab bonggol kayu, “Tapi kamu belum mengeluarkan pernyataan maaf kepada Babbitty.”
“Tentu saja saya memohon maaf kepadanya.” Jawab sang raja, sambil menangkupkan kedua tangannya tanda memohon dihadapan bonggol kayu.
“Kamu akan membuat patung Babbitty, sebagai penghargaan kepada tukang cuci yang malang, dan mengingatkan mu akan kebodohanmu!” perintah bonggol kayu.
Sang raja setuju dan berjanji akan memanggil pematung paling ahli diseluruh negeri untuk membuat patung dari emas. Setelah berjanji raja dan lainnya kembali ke istana.
Ketika halaman kerajaan sudah menjadi sepi seperti sediakala, sesuatu terlihat bergerak-gerak diantara akar-akar yang menyembul dipermukaan tanah. Dari sana keluarlah seekor kelinci kecil yang menggigit sebuah tongkat sihir, ia adalah Babbitty dalam sepi bergerak menjauh dari halaman istana. Segera setelah patung dari emas diletakkan diatas bonggol kayu tidak ada satupun penyihir yang dikejar-kejar diseluruh wilayah kerajaan … untuk selamanya.

Muggle's Writing... . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates