Selasa, 21 Desember 2010


Dahulu kala hiduplah seorang penyihir tua yang baik, menggunakan sihir hanya untuk menolong tetangga. Ia tidak pernah mengungkapkan memiliki ilmu sihir tetapi menjelaskan bahwa ramuan, mantra, dan obat-obatan yang dimilikinya tersedia berkat sebuah kuali kecil yang disebut kuali keberuntungan. Orang-orang berdatangan dari berbagai penjuru dan dengan senang hati penyihir tersebut menolong.
Penyihir tua disayangi banyak orang sampai akhirnya meninggal karena umur. Sebelum meninggal ia memberikan warisan kuali tersebut kepada anak semata wayang. Anak laki-laki itu memiliki pemikiran yang berbeda dengan sang ayah. Menurutnya, mereka yang tidak memiliki kemampuan sihir merupakan orang-orang tidak berguna dan penyihir muda sering bertengkar dengan sang ayah karena kebiasaannya memberikan pertolongan kepada para tetangga.
Setelah kematian ayahnya, penyihir muda menemukan sebuah bungkusan disembunyikan dalam kuali kecil. Ia membukanya, sambil berharap didalamnya terdapat emas, tetapi yang ditemukan hanya sebuah sandal tebal, terlalu kecil untuk dikenakan, dan tanpa pasangan. Pada sandal terdapat tulisan yang diukir berbunyi, “Sangat berharap, anak ku, semoga kau tidak memerlukannya.”
Sang anak mengutuk pola pikir ayahnya, sandal dilempar kedalam kuali, dan akan menggunakan kuali tersebut sebagai tempat sampah. Pada suatu malam seorang petani wanita mengetuk pintu.
“Cucu perempuanku menderita karena sebuah kutil, tuan.” ujarnya,”Ayah mu biasa mencampur ramuan khusus didalam kuali tua …”
“Pergi!” teriak si anak, “Siapa yang peduli pada kutil?”
Kemudian ia membanting pintu tepat diwajah wanita tua.
Pada saat yang bersamaan terdengar gemerincing dan suara memelas terdengar dari arah dapur. Penyihir muda mengacungkan tongkat sihirnya dan membuka pintu dapur, ia melihat dengan takjub, pada bagian bawah kuali tua warisan ayahnya muncul sebuah kaki dari kuningan dan melompat-lompat di tengah ruangan, menimbulkan suara gaduh. Dengan penuh keingintahuan penyihir muda mencoba mendekati namun dengan cepat mundur ketika melihat seluruh permukaan kuali ditutupi oleh kutil.
“Benda yang menjijikan!” ia berteriak, sambil mencoba menghilangkan kuali, kemudian membersihkan kuali, dan akhirnya memaksanya keluar dari rumah. Namun tidak satupun mantra yang diucapkanya bekerja, bahkan ia tidak mampu menghambat kuali tersebut berlompat-lompat mengejarnya sampai keluar dapur. Kuali terus mengikuti sampai ke ruang tidur, bergemerincing dan menimbulkan suara keras setiap menyentuh lantai yang terbuat dari kayu.
Penyihir muda tidak dapat tidur semalaman karena suara yang ditimbulkan kuali. Pada pagi harinya kuali mengejar sampai meja makan. Ting, ting, ting … bunyi keluar dari kaki kuningan yang bertumbukan dengan lantai, penyihir muda belum mulai menyantap bubur, tiba-tiba terdengar pintu diketuk.
Seorang kakek berdiri di pintu masuk.
“Keledai saya, tuan,” ujarnya.
“Hilang atau di curi, tolonglah tanpa keledai saya tidak dapat mengangkut barang-barang kepasar, dan kami akan kelaparan nanti malam ..”
“… dan saya lapar sekarang!” bentak penyihir muda, kemudian seperti sebelumnya ia membanting pintu didepan sang kakek.
Ting, ting, ting, kuali dengan satu kaki dari kuningan melompat-lompat diatas lantai, kali ini diikuti gabungan ringkikan keledai dam erangan orang kelaparan yang berasal dari dalam kuali.
“Tetap ditempat, diam!” pekik penyihir muda, tetapi tidak ada kekuatan sihir yang mampu membuat kuali berhenti. Benda tersebut terus besuara dan melompat-lompat mengikuti sang penyihir, dimanapun dan kapanpun.
Malam telah tiba, terdengar ketukan ketiga, disana berdiri seorang wanita sambil menangis tersedu-sedu terlihat sedih sekali.
“Bayi saya sakit sangat parah,” ujarnya. “Sudilah kiranya tuan menolong kami. Ayah tuan berpesan seandainya kami mendapat kesulitan …”
Tanpa menunggu wanita tersebut menyelesaikan kalimatnya penyihir muda tersebut membanting pintu keras-keras.
Tak lama kemudian kuali kesakitan dan penuh berisi air mata. Tumpah kelantai setiap melompat-lompat, terdengar ringkikan keledai, erangan orang kelaparan, dan tumbuh kutil disekujur kuali.
Sekalipun tidak ada satupun penduduk yang datang mencari bantuan kepada penyihir muda sampai akhir minggu, kuali selalu memberikan informasi jika ada penduduk yang sakit. Hari-hari berikutnya suara-suara yang keluar dari kuali makin bertambah seperti suara orang batuk, tangisan bayi, gonggongan anjing, memuntahkan keju basi, menumpahkan susu dan keluar siput-siput yang kelaparan.
Penyihir muda tidak dapat tidur maupun makan dengan kuali disampingnya, tetapi benda tersebut menolak untuk pergi dan tidak dapat diperintah untuk diam.
Sampai akhirnya penyihir muda tidak tahan lagi dan berteriak, “Kemarilah, ceritakan semua masalah dan kesulitan yang dihadapi.”
Ia berlari di malam gelap menuju desa, dengan kuali melompat-lompat dibelakangnya. “Kemarilah! Saya akan mencoba menyembuhkan anda semua dan memperbaiki segala yang telah rusak! Saya memiliki kuali warisan ayah saya, dan saya akan membuat anda semua baik kembali!”
0102
Dengan kuali berlari dibelakangnya ia terus berlari dijalan-jalan desa, mengucapkan mantra kesemua penjuru. Didalam rumah gadis kecil, kutilnya lenyap dan tetap tertidur pulas. Keledai muncul kembali dikandangnya, bayi yang sakit kembali sehat. Pada setiap rumah yang terdapat orang sakit dan kemalangan, penyihir muda melakukan hal terbaik yang dia bisa, dan secara bertahap kuali disampingnya berhenti bersuara, menjadi bersih dan mengkilap.
“Bagaimana kuali?” tanya penyihir muda saat matahari mulai terbit diufuk timur. Kuali memuntahkan sandal warisan penyihir tua kemudian kaki kuningan memakainya. Bersama mereka kembali ke rumah penyihir muda, suara kaki kuali tidak sekeras sebelumnya.
Sejak hari itu, penyihir muda mulai menolong penduduk desa seperti yang telah dilakukan ayahnya selama bertahun-tahun. Kuali warisan seperti sudah mengerti dan tidak pernah melompat-lompat kembali.

Muggle's Writing... . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates